Minggu, 16 Juni 2013

Peran Komunikasi Didalam Organisasi.



Komunikasi merupakan suatu proses menggunakan informasi yang ada agar terhubung dengan yang lainnya, komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berorganisasi. Tanpa adanya komunikasi tidak ada hubungan antara satu orang dengan orang lainnya, bisa dibayangkan rasanya seperti orang tuna rungu yang tidak bisa berkomunikasi bahkan seorang tuna rungu pun ingin bisa berkomunikasi seperti layaknya seorang yang bisa berkomunikasi dengan baik. Tidak adanya komunikasi dalam berorganisasi akan membuat kita menjadi tidak dapat bersosialisasi dengan anggota lainnya, tidak dapat mengutarakan keinginan, mengajukan pendapat,saran,bahkan kritikan. Tidak adanya komunikasi juga dapat menyebabkan kekacauan dalam suatu organisasi, 

misalnya si A memberitahukan si B agar menyuruh si C untuk membuat laporan dan segera diberikan kepada si A hari itu juga ditunggu sampai sore misalnya, namun karena si B seorang yang pasif ,ia memberitahukan informasi yang tidak jelas dan tidak lengkap, atau bahkan tidak berani untuk memberitahukan hal itu kepada si C ,yang terjadi si B adalah orang pertama yang akan disalahkan karena tidak dapat menyampaikan amanah dengan baik. Si C merupakan orang ke-2 yang juga ikut disalahkan karena tidak dapat mencari tahu kembali informasi yang benar, yang ke-3 pekerjaan pun jadi tertunda karena masalah seperti itu dan akan banyak dampak-dampak lainnya dalam organisasi tersebut. 


Apalagi jika suatu organisasi tersebut bergerak dalam bidang jasa seperti pengiriman paket atau delivery order ,jika komunikasi antara konsumen dan delivery tidak benar, maka informasi yang didapat salah ,akan salah juga delivery mencapai tujuan untuk mengantar pesanan. Biasanya bila seorang delivery masih bingung untuk alamat yang dituju ia akan melakukan callback untuk memastikan lokasi yang dituju. Karena kesalahan komunikasi sedikit saja akan mempengaruhi kegiatan didalam berorganisasi. Komunikasi juga dapat mencermikan diri seseorang, Komunikasi akan berjalan baik dan efektif apabila setiap anggota memperoleh keterangan-keterangan yang jelas dalam melaksanakan pekerjaannya. Lewat komunikasi rasa ingin tahu dapat tersalurkan, hal ini mampu mendorong semangat kerja. komunikasi juga membantu menyatukan anggota organsisasi untuk bekerja sama. Oleh karena itu komunikasi sangat diperlukan demi tercapainya tujuan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;