Minggu, 12 Januari 2014

contoh proposal penulisan ilmiah

Pembuatan Website E-Commerce Travel Tour

1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi saat ini, memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapat semakin ringan dikerjakan, ada banyak jenis-jenis katalog  tergantung  fungsi  dan kebutuhannya. Salah satunya telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan seperti jual-beli melalui internet atau yang lebih dikenal dengan E-commerce.
Melalui e-commerce kendala – kendala perdagangan secara offline dapat teratasi, tidak hanya kendala dalam aspek area geografis, dimana pembeli dari tempat / kota yang jauh dapat terlayani dengan baik karena customer tidak harus jauh jauh datang ke tempat penjual, transaksi cukup dilakukan di depan komputer yang terhubung ke jaringan internet, memilih barang yang akan dibeli, membayar secara online dan barang dikirim ke customer, dalam hal ini tidak hanya customer yang berada luar area saja yang terbantu tapi juga customer yang masih berada di satu area. Customer juga dapat menghemat waktunya , cukup dengan mengunjungi website , customer dapat mengetahui informasi menarik yang ada, tidak perlu mengunjungi tempat si penjual jasa.

1.2  Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini terbatas pada pembuatan website travel tour  menggunakan php dan mysql , dimana hanya sampai tahap pemesanan dan pembayaran yang dilakukan secara transfer. Informasi berkaitan dengan formulir yang berisi data diri , lokasi yang dituju, tempat keberangkatan,  tanggal keberangkatan dan tanggal pulang,  jumlah peserta (children,adult) , penerbangan, penerbangan + hotel , fasilitas lengkap full service , transfer, promo , kemudian terdapat gallery yang berisi foto-foto pemandangan dari perjalanan.
  
1.3  Metode Penelitian
Metode yang dilakukan untuk penulisan ilmiah ini, mengambil refrensi dari buku dan internet untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang website e-commerce. Lalu mengimplementasikan data-data tersebut kedalam pembuatan web ecommerce. Pada tahap Perancangan Sistem,terdiri dari pembuatan rancangan tampilan utama yang berisi formulir dan gallery, tampilan info dan perancangan database.

1.4  Rumusan Masalah
Latar belakang masalah dapat diperoleh rumusan sebagai berikut :
1.      Pengertian website
2.      Pengertian e-commerce
3.      Kelebihan dan kekurangan e-commerce

1.5  Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah terbagi menjadi beberapa bab, dan tiap bab terdiri dari beberapa sub bab. Pada umumnya pembahasan penulisan ilmiah disajikan sebagai berikut :
BAB I . PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang latar belakang masalah yang mendasari pembuatan penulisan ilmiah, disertai dengan batasan masalah penulisan, lalu metode penelitian yang digunakan, kemudian disertai rumusan masalah yang ada, serta sistematika penulisan.
BAB II. LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang pengertian website, pengertian e-commerce , kelebihan dan kekurangan pada e-commerce, serta aplikasi yang menjadi pendukung dan teori  yang digunakan dalam penulisan ini.
BAB III. ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang inti dari bahasan penulisan ilmiah, menjelaskan tahap demi tahap dalam proses pembuatan website travel tour.  
BAB IV. PENUTUP
Pada bab ini berisi penjelasan Penulis mengenai penutup yang mengarah pada pemberian kesimpulan dan saran  yang diperoleh dari pembahasan untuk pengembangan selanjutnya.










0 komentar:

Posting Komentar

 
;