Kamis, 02 Oktober 2014

TELEMATIKA

Telematika merupakan serapan dari bahasa Perancis "Telematique" yang artinya adalah telekomunikasi dan data. dimana telekomunikasi merupakan teknik pengiriman pesan yang biasanya berlangsung secara 2 arah. sedangkan data merupakan sekumpulan fakta yang diambil dari beberapa kejadian. Bahkan para praktisi mengatakan bahwa  Telematics merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS ”. 
Sehingga jika disimpulkan telematika merupakan sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi yang saling terhubung satu sama lain, sehingga dapat bertukar informasi dengan yang lainnya. Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam buku L'informatisation.

Teknologi telematikalah yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi. Dalam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik.
internet merupakan salah satu contoh telematika, dan semua jenis jaringan yang terhubung satu sama lain untuk mengirimkan atau bertukar data didasarkan pada sistem telekomunikasi merupakan contoh dari telematika.


Pada dasarnya terdapat beberapa layanan pada telematika yaitu :
1. Layanan informasi, merupakan gabungan dari telekomunikasi digital dengan teknologi komputer, agar pengguna dapat mengerti bahasa dan hal-hal yang dimaksud oleh komputer.
2. Layanan Kemanan, merupakan layanan yang menyediakan kemanan informasi dan data. agar pengguna dapat lebih tenang dan nyaman dalam menggunakannya. yaitu dengan adanya :
  • Rahasia (privacy)
  • Keterpaduan data (data integrity)
  • Keaslian (authenticity)
Kelebihan dari penggunaan telematika :
1. Cepat , dapat mempercepat transmisi informasi. informasi yang dikirim dan diterima dapat dengan cepat sampai ke tujuan.
2. Mudah digunakan, komando/ perintah untuk menggunakan teknologi ini mudah untuk digunakan, bahkan semakin berkembang semakin lebih mudah untuk digunakan.

Kekurangan dari penggunaan telematika :
1. Tindakan Kejahatan. bahaya kejahatan mengancam dalam berbagai penggunaan telematika seperti penggunaan internet yang semakin marak terjadinya kejahatan dan penipuan lewat media tersebut. bahkan terjadinya pencurian data / informasi yang penting yang dapat di salah gunakan untuk kepentingan pribadi.
2. Penyebaran virus. bahaya virus yang ada akan menimbulkan kerusakan pada data atau informasi yang ada, sehingga pengguna tidak mendapatkan informasi yang ada. 


Refrensi :
http://abas-nr.blogspot.com/2012/01/mata-kuliah-pengantar-telematika-fitur_07.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
;