Kamis, 13 November 2014

Layanan Telematika

Setelah memahami pengertian Telematika dan Contoh dari Telematika, kali ini kita akan membahas Layanan Telematika. Apa itu Layanan Telematika ?
Sesuai dengan pengertian Telematika sendiri yaitu jaringan telekomunikasi yang terhubung satu sama lain sehingga dapat bertukar informasi , Layanan Telematika pun merupakan pelayanan pada jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi yang berguna untuk mentransfer ataupun mengirimkan data melalui layanan itu sendiri yaitu internet, Karena Interner sendiri merupakan salah satu layanan telematika.


Beberapa Jenis Layanan telematika:
      - Layanan Informasi
      - Layanan Kesehatan
      - Layanan Keamanan
      - Layanan Context-Aware dan Event-base
      - Layanan Perbaikan Sumber

1. Layanan Informasi
Layanan Informasi yaitu penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan kepada masyarakat, agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat
contohnya : e-learning
             - e-commerce
dengan adanya e-commerce masyarakat tidak sulit harus mengunjungi sebuah toko jika ingin membeli barang yang diinginkan, hanya dengan mengunjungi sebuah situs layanan e-commerce kita dapat dengan mudah memilih barang yang diinginkan.

2. Layanan Kesehatan
Layanan Kesehatan yaitu layanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan perawatan kesehatan bagi masyarakat
contohnya : sistem pakar kesehatan
dengan adanya sistem pakar kesehatan kita dapat dengan mudah mendiagnosa penyakit dengan ciri-ciri yang sesuai.


3. Layanan Kemanan
Layanan Kemanan yaitu memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan agar mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan, memberikan pelayanan untuk menjaga keamanan data ,agar tidak hilang, terjaga kerahasiaannya dan keasliannya. 
contohnya : cyber law

4. Layanan Context-Aware dan Event-base
Layanan Context-Aware dan Event-base adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami user  dan penggunaan network sesuai dengan parameternya.
Tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
  1. The acquisition of context (Perolehan Konteks) 
  2. The abstraction and understanding of context (Abstraksi dan pemahaman konteks) 
  3. Application behaviour based on the recognized context (Tingkah laku aplikasi)
5. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan Perbaikan Sumber yaitu memperbaiki sumber pelayanan serta menciptakan sumber pelayanan baru jika sumber pelayanan yang lama tidak dapat diperbaiki lagi , agar kinerja menjadi lebih baik



Jadi Layanan Telematika adalah layanan dari beberapa bidang dimana masing-masing bidang tersebut bertujuan untuk melayani pengguna(individu) atau masyarakat agar memahami penggunaannya, meningkatkan kesejahteraan ,dengan keamanan yang menjamin kerahasiaan dan keasliannya. sehingga masyarakat percaya untuk menggunakan layanan-layanan telematika.

Refrensi :



0 komentar:

Posting Komentar

 
;