Jumat, 13 Maret 2015

Etika , Profesi dan Ciri Khas Profesi

ETIKA

Menurut para ahli maka etika  adalah aturan prilaku, yaitu  adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. 

Etika merupakan norma kehidupan yang  berlaku dalam suatu kelompok ataupun masyarakat. 
Etika adalah cerminan diri seseorang, etika seseorang dapat dilihat dari perbuatan dan sikap nya. 



Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah etika ,yaitu faktor internal dan eksternal.
Faktor internal adalah sifat dan watak bawaan lahir. Karena pada dasarnya seseorang mempunyai sifat dan watak yang berbeda-beda. 
Sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan dimana seseorang itu berada. 
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi etika seseorang. jika seseorang berada di lingkungan yang baik otomatis etika orang tersebut adalah baik, lain halnya jika seseorang berada di lingkungan yang buruk, etika seseorang akan terbawa menjadi buruk. 

Terutama ketika seseorang memasuki usia sekolah , dan mulai menjadi remaja. Karena pada usia remaja etika seseorang mudah terpengaruh oleh lingkungan, dimana pada masa-masa tersebut adalah masa seseorang mencari jati diri. 
Etika anak-anak pada zaman sekarang  mengalami penurunan. Karena pengaruh modernisasi dan globalisasi yang semakin berkembang.

PROFESI
Profesi adalah pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan dengan keahlian dan kemampuan yang dimilikinya. Setiap orang mempunyai profesi yang berbeda-beda, perbedaan profesi akan berhubungan dengan perbedaan sumber dan besarnya pendapatan, sebagai hak yang harus diterima seseorang.
Setiap orang pasti mempunyai profesi sesuai dengan latar belakang pendidikan, keterampilan dan keahlian. Profesi digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang. 




Setiap profesi jangan hanya dinilai atau diukur secara ekonomis dan normatif saja, karena jika dinilai secara ekonomi saja hanya akan menggambarkan tinggi rendah atau baik buruknya suatu profesi. boleh jadi penghasilan dokter lebih besar daripada seorang tukang becak, tapi tidak seharusnya kita hanya memandang sebelah mata sebuah profesi. Intinya semua profesi adalah baik, dan semua profesi dikerjakan oleh manusia yang merupakan makhluk Allah.


CIRI KHAS PROFESI
10 ciri khas suatu profesi, yaitu:
  1. Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas
  2. Suatu teknik intelektual
  3. Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis
  4. Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi
  5. Beberapa standar dan pernyataan tentang etika yang dapat diselenggarakan
  6. Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri
  7. Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas komunikasi yang tinggi antar anggotanya
  8. Pengakuan sebagai profesi
  9. Perhatian yang profesional terhadap penggunaan yang bertanggung jawab dari pekerjaan profesi
  10. Hubungan yang erat dengan profesi lain

Refrensi :
http://serbamakalah.blogspot.com/2013/02/etika-sebagai-cerminan-kepribadian_154.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
;