Rabu, 18 April 2012

BUDAYA




Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, budaya adalah keanekaragaman, budaya adalah bahasa, budaya adalah adat istiadat, budaya adalah agama, budaya adalah seni. 
Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Seperti budaya yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam mulai dari suku yang berbeda, agama yang berbeda, bahasa yang berbeda, adat istiadat yang berbeda sampai pakaian, perkakas dan bangunan yang berbeda. Seperti kalimat “Bhinekka Tunggal Ika” yang artinya “walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Rasanya sangat indah jika kalimat itu benar-benar di pahami dan di lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Memang dalam perbedaan harus ada toleransi ,agar kita bisa memahami perbedaan tersebut sehingga tidak adanya perpecahan yang sampai menjadikan peperangan antar suku dan wilayah. 


Setidaknya budaya itu harus kita jaga keasliannya karena budaya merupakan warisan terpenting dari yang terdahulu, dengan tidak ikut-ikutan mencontoh lingkungan budaya luar yang terlalu bebas, yang tidak sesuai dengan norma yang ada dan berlaku. Seharusnya kita bisa menjaga budaya sendiri dengan baik ,tapi sekarang banyak sekali yang mengakui budaya kita adalah miliknya ,milik Negara lain seperti batik yang diakui oleh Negara lain adalah kesenian miliknya padahal batik adalah kesenian khas dari Indonesia ,tidak hanya batik tapi juga banyak hal-hal lainnya yang diakui oleh Negara lain. Dimanakah sistem pertahanan, dan kebudayaan Indonesia jika terus selalui diakui Negara lain? Seharusnya kita bangga mempunyai budaya yang beranekaragam ,unik ,dan khas. Tetapi kita tidak hanya untuk mengurus ,melestarikan budaya saja karena semua itu kita harus belajar untuk mendapatkan wawasan yang luas tentang budaya kita, dengan belajar kita tidak akan mungkin bisa di bohongi oleh orang-orang yang mengakui budaya kita. kita punya hak untuk mendapat ilmu untuk bersama-sama mempelajari budaya dan punya kewajiban untuk mejaga dan melestarikan budaya sendiri.



Kesimpulan :
Budaya yang kita miliki adalah warisan yang tak ternilai harganya ,itu adalah warisan yang terdahulu yang harus kita jaga dan kita lestarikan, tidak dengan memanfaatkannya dengan menjual kepada orang lain yang tidak bertanggungjawab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;