Rabu, 18 April 2012

Pengaruh Teknologi Terhadap Budaya


 
Era globalisasi sangat membawa pengaruh bagi kehidupan suatu bangsa, Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bangsa. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Sedangkan  budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan perilaku bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, kebijaksanaan, dll ) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan. 
Pengaruh Teknologi di dalam budaya dapat memberikan pengaruh positif dan negatif. Karena semakin canggihnya sebuah teknologi yang kita dapatkan, semakin mudah kita bisa mencari tahu dan tahu tentang hal-hal yang sebenernya tidak semestinya, seperti semakin mudahnya kita untuk mendapatkan informasi dari televisi atau internet ,informasi-informasi yang disajikan pun pastinya sangat beragam dari mulai informasi dari dalam negri maupun luar negri, dan seringkali kita terbawa di dalamnya. Yaitu terbawa untuk mengikuti trend ala budaya barat. Semakin sering kita melihat dan mendapatkan informasi tentang budaya luar maka rasa ketertarikan pun muncul ,dan berfikiran untuk sekedar ikut-ikut mencobanya. Dari mulai mengikuti gaya berpakaiannya sampai tingkah lakunya. Inilah yang menyebabkan budaya kita semakin lama semakin tergeser oleh budaya barat. Menurut beberapa dari kita budaya barat adalah budaya yang bebas, yang aneh, yang lucu,yang keren, dan tidak ada salahnya untuk diikuti. Semua tergantung dari selera kepribadian masing-masing.



Selain itu teknologi juga dapat membuat kita tidak peka terhadap lingkungan, contohnya yang lagi trend sekarang ini seperti penggunaan smart phone blackberry ,iphone, android dan sebagainya terkadang orang-orang yang memakai fasilitas teknologi semacam itu bisa autis mendadak karena pandangan mata semua tertuju pada layar tersebut ketika semua difokuskan kesitu, tidak lain dan tidak aneh jika pengguna teknologi tersebut diajak bicara oleh orang lain yang ada hanyalah sebuah kata “haaaah ??” atau sebuah anggukan kepala padahal belum tentu ia mengerti dan mendengar apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicaranya, seperti masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Hal seperti ini yang harus dihindari malah bisa jadi ketika ada orang yang menyapanya tapi si pengguna teknologi ini tidak tahu (tidak peka lingkungan) bisa di cap orang sombong yang gak mau membalas sapaan. Padahal tidak ada niat seperti itu tapi malah di cap sombong, atau terkadang bisa membuat kita lupa diri dan ketinggalan informasi menarik di lingkungan, alhasil akan bingung sendiri ketika ada pertemuan untuk membahas informasi tersebut. Terkadang suka kesal sendiri kalau melihat orang yang seperti itu, berasa ngomong sendiri dan dicuekin. Itulah jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya dan untuk kepentingan semata. 

 
Dari sisi positifnya di dalam sebuah pekerjaan bisa lebih mudah karena lebih efisien, tidak perlu membuang-buang waktu yang ada, biaya yang terjangkau, dan pastinya tidak membuang-buang energi secara cuma-cuma. Dibalik semua yang tercipta pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dampak negatif dan postitif , Oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan rohani - di samping kecerdasan jasmani - sehingga kemajuan yang dicapai oleh umat manusia dapat diseleraskan dan diarahkan kepada kepentingan bersama dan lebih diutamakan untuk hasil yang positif.
Kesimpulan :
Teknologi membawa pengaruh penting bagi kehidupan suatu bangsa, dan terciptanya teknologi yang semakin canggih dapat lebih mudah untuk memberikan banyak informasi yang beragam yang dapat mempengaruhi budaya yang telah ada sebelumnya, semua ini tergantung bagaimana cara berfikiran masing-masing orang untuk bisa memilih mana yang patut dicontoh dan mana yang tidak , berfikir mana yang positif dan mana yang negatif.

Sumber :
Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Budaya Bangsa (Darmawan Napitupulu, ST, M.Kom)
Hubungan Budaya Dan Teknologi (Calm Envy)
Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi (PLSBT) (Falcon Komputer)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;